BERSIH


Visi dan Misi


Visi Rumah Sakit Umum KARTINI adalah
”Rumah sakit unggulan dengan pelayanan prima kebanggaan masyarakat”
Visi menunjukkan kondisi ideal yang akan dicapai oleh RSU KARTINI dimasa yang akan datang dengan pemahaman sebagai berikut:
Rumah sakit unggulan bermakna:
RSU KARTINI memiliki pelayanan unggulan baik dalam pelayanan medis, keperawatan dan pelayanan penunjang.
Dengan pelayanan prima:
RSU KARTINI mampu memberikan pelayanan yang memenuhi 10 standar:
1.   Tangible             : dapat memberikan bukti yang nyata,
2.   Reliable              : dapat diandalkan,
3.   Responsive         : mau mendengarkan,
4.   Competence       : cakap,
5.   Courtesy             : sopan santun,
6.   Credible             : dapat dipercaya,
7.   Secure                : dapat memberikan perlindungan/rasa aman,
8.   Accessable         : mudah dijangkau
9.   Communicative  : komunikatif
10. Understanding   : pengertian
Kebanggaan masyarakat:
Bermakna bahwa kinerja seluruh karyawan dan fasilitas yang dimiliki RSU KARTINI menjadi sesuatu yang dibanggakan oleh masyarakat Lampung Tengah khususnya dan masyarakat Lampung pada umumnya, sehingga dapat menumbuhkan rasa memiliki (sense of belonging) yang tinggi terhadap RSU KARTINI.

Misi Rumah Sakit Umum KARTINI adalah:
  1. Memberikan pelayanan yang efektif, efisien, profesional dan bermoral. 
  2. Menyelenggarakan produk pelayanan unggulan. 
  3. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan di bidang pelayanan kesehatan yang berkesinambungan.
Misi pertama: Memberikan pelayanan yang efektif, efisien, profesional dan bermoral.
Mengandung arti bahwa RSU KARTINI merupakan institusi swasta yang memberikan pelayanan kesehatan harus mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan teknologi berlandaskan Etika Profesi.
Misi kedua: Menyelenggarakan produk pelayanan unggulan
Mengandung makna memberikan dorongan RSU KARTINI untuk menciptakan produk pelayanan yang spesifik, berdaya tarik tinggi dan bermanfaat bagi pelanggan sehingga dapat menarik minat masyarakat luas.
Misi ketiga: Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan di bidang pelayanan kesehatan yang berkesinambungan.
Mengandung makna RSU KARTINI berperan aktif dan menempatkan diri sebagai bagian dari sistem pendidikan sehingga RSU KARTINI akan menjadi lahan praktik klinik pendidikan kedokteran, praktik pendidikan keperawatan, pendidikan kesehatan lainnya dan non kesehatan. Selain sebagai laboratorium klinik pendidikan, juga berfungsi sebagai tempat penelitian dan pengembangan IPTEK bidang kesehatan. Selain itu juga selalu meningkatkan pendidikan dan pelatihan bagi seluruh karyawan baik mengenai knowledge, skill dan attitude secara terus menerus dan berkesinambungan.

Motto:
Penderita yang mendapat pelayanan di RSU KARTINI adalah seseorang dengan keadaan yang perlu mendapatkan bantuan Bio-Psiko-Sosial dengan menerapkan motto BERSIH yaitu Berkarya dalam Kasih
K      : Keselamatan pasien
A      : Asih, Asuh
S       : Sabar
I        : Ikhlas
H      : Holistik

Strategi:
  1. Mengupayakan Pelayanan Kesehatan yang mencakup Aspek Tepat Waktu, Tepat Sarana dan Tepat Biaya. 
  2. Produk jasa Unggulan Rumah Sakit Kartini adalah Pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Perinatologi. 
  3. Memberikan Pelayanan Rohani berupa Bantuan dan Bimbingan kepada Pasien untuk Melaksanakan Ibadahnya selama sakit sesuai Agama yang dianutnya. 
  4. Membangun Budaya Kerja Rumah Sakit Kartini yang berorientasi kepada Kepuasan Pasien dan Tujuan Pengembangan Rumah Sakit Kartini.

Tugas dan Fungsi:
Berdasarkan Keputusan Dewan Komsaris PT Indokartini Karya Husada, tugas pokok RSU KARTINI adalah melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui wadah rumah sakit meliputi upaya pencegahan, peningkatan kesehatan, pengobatan, dan pemulihan kesehatan.
Dalam melaksanakan tugas, RSU KARTINI menyelenggarakan fungsi:
  1. Memberikan pelayanan medis dan penunjang medis yang terbaik kepada masyarakat. 
  2. Memberikan pelayanan perawatan dan pemulihan kesehatan secara paripurna kepada masyarakat. 
  3. Memberikan pelayanan penyuluhan dan pendidikan kesehatan kepada pasien, keluarga dan masyarakat.

Tujuan:
Tujuan adalah produk yang ingin dicapai atau dihasilkan dalam suatu kegiatan dalam jangka waktu 5 tahun.
Berdasarkan Visi dan Misi maka ditetapkan tujuan yang harus dicapai adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatnya mutu pelayanan.
  2. Meningkatnya jenis pelayanan. 
  3. Meningkatnya kualitas SDM

Filosofi dan Budaya Kerja:
  1. Pasien dan pelanggan adalah manusia yang punya rasa menyukai dan tidak menyukai, kewajiban kami untuk memberikan pelayanan terbaik. 
  2. Kehadiran pasien adalah kepercayaan yang diberikan kepada kami. 
  3. Keluhan pasien dan pelanggan adalah kecintaan kepada kami untuk meningkatkan mutu pelayanan yang diharapkan. 
  4. Karyawan dan Manajemen selalu perduli terhadap lingkungan dalam membina ekosistem. 
  5. Karyawan dan Manajemen selalu berusaha meningkatkan diri dalam ilmu dan teknologi, disamping pengalaman sebagai guru terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar